Liburan 3 SKS: Ngabolang di Ciamis

Kali ini pengalamanku agak sedikit berbeda dari pengalamanku sebelumnya. Kali ini bukan pengalaman mengejar cinta yang berakhir sia-sia atau pengalaman nga-bolang di kampus batur yang hanya butuh satu atau dua hari.

Pengalamanku kali ini butuh waktu satu bulan, dengan judul KKNM UNPAD, BELAJAR DARI MASYARAKAT. Buat orang yang suka membandingkan kayak aku, awalnya aku kira KKN ini sama dengan variety show “Jika Aku Menjadi” di sebuah TV swasta, tapi karena tokoh utamanya adalah aku, judulnya pun berubah sebelum cerita dimulai, menjadi Si Bolang Ngabolang Di Kampung Batur. Hha. Walaupun nyatanya jumlah SKS si KKN ini sama dengan matkul Sprachwissenschaft, mari nikmati saja pengalaman sekali seumurku ngampus di UNPAD ini. Go! Go!

Banyak kejadian yang terjadi selama satu bulan aku berada di Desa Gegempalan, sebuah desa di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dan karena aku bukan anak rajin yang tiap harinya akan aku tuliskan di blog, aku akan menceritakan beberapa saja kegiatanku dan teman-temanku selama ada di Gegempalan.

Sebelumnya, silakan jelajahi blog temanku untuk berkenalan dengan Gegemcuy:

http://fafuerimmerfa.wordpress.com/2014/02/11/diary-kknm-unpad-gegempalan-gegemcuy-introduction/

Setelah berkenalan dengan Gegemyuy, mari cari tau, ngapain aja si aku ini selama sebulan meninggalkan Cileunyi tercinta~~

*ppyong oongya oongya

1. Jalan

Jalan kali ini bukan lagi kegiatan jalan dari terminal Cileunyi sampe kampung Paledang yang jaraknya… yaa paling kaya dari gerlam ke FIB lah. Tapi jalan 2 kilo dong!! Dan jangan harap ada odong-odong gratis yang siap mengantar sampai ke tujuan. Selama di sini, jika ingin pergi, maka aku harus mengandalkan kedua kakiku. Lupakan punya kaki kecil kaya member SNSD, karena yang aku dapat setelah perjalanan adalah betis seksi segede taleus bogor ala Cesc Fabregas (*nangis)

Image

 

Image

2. Jadi ibu pengajian
Selama di sini, aku rajin ikut pengajian, sampai membuat Mama bertepuk tangan di Cileunyi sana. Tapi jadinya malah agak miris sih ketika aku ga bisa ngikutin pengajian dengan baik dan benar karena pengetahuanku yang dangkal tentang agama. Selain itu, penampilanku sehari-hari yang selalu menggunakan celana jeans kemana pun, selalu membuatku merasa salah kostum setiap ikut ke pengajian karena melihat rata orang yang hadir menggunakan gamis.

Image

3. Nongkrong di kursi panjang sebelah dapur
Ini adalah kegiatan yang paling sering aku lakukan selama KKN selain makan dan tidur. Bangku panjang itu serasa jadi saksi bisu saat aku menggosip, curhat, ngopi pagi, baca ff, twitter-an, nelepon mamah dan kakek aku, request lagu ke temen-temen cowo yang lagi main gitar dan masih banyak lagi (*jadi kangen). Tapi sayang, aku ga punya foto kursi panjang itu buat kenang-kenang, jadi aku comot foto dari instagram si kordes aja sebagai kenangan kenangan spot ternyaman selain kasur selama aku tinggal di pondokan =))

Image

4. Ngarujak, ngaliwet dan botram

Buat orang yang bertubuh kecil tapi seneng makan kaya aku, tiga kegiatan ini adalah yang paling ditunggu tunggu. Tapi anehnya, temen-temen Gegemcuy ini akan sangat heboh ketika menu makan mereka adalah asin cumi xD, selain asin cumi, makanan yang cukup bikin hedoh adalah ayam dan ikan bakar. Selain itu ada mie gorengnya si kordes yang walaupun pedesnya ngebunuh, tapi selalu habis tak bersisa.

Image

 

Image

5. Jalan-jalan
Jalan-jalan ini berbeda dengan jalan, kalau jalan, paling jauh ya jalan sampai dusun desa yang jaraknya 4km dari pondokan. Kalau jalan-jalan, pastinya Gegemcuy butuh mobil carteran atau mobil elf pinjaman dari salah satu pabrik dekat pondokan. Dan tempat jalan-jalan yang aku kunjungi selama di Ciamis adalah Asia Plaza, Icakan, Alun alun Ciamis dan juga Stadion Galuh. Di Stadion Galuh inilah, akhirnya si aku bisa merasakan atmosfer nonton bola yang istiqomah, dari awal sampai akhir yang didukung ya cuma satu tim, ga kayak nonton Timnas vs. Inter Milan. Hhe.

2014-01-21 13.52.38
DSC_0441

2014-01-24 19.53.06

IMG_8179 

6. Jadi ibu kader posyandu
Selain jadi ibu pengajian, aku juga ngerasain jadi kader posyandu. Walaupun aku punya balita di rumah, nyatanya aku bukan orang yang sabar untuk menghadapi tingkah laku balita. Mengingat aku punya julukan ‘ibu tiri’ di rumah, aku cukup bersyukur karena julukan itu ga terbawa saat merecoki membantu  kader posyandu di sana.

2014-01-09 08.54.01

7. Ngebasteng Nyoteng

Kegiatan favorit lainnya di Gegempalan buat penggemar bakso. Susah kalau harus dijelaskan dengan kata-kata, yang paling cuma satu kata deh: ENAK!

IMG_8083

8. Buat jalan dan balapan saingan F1

Sebenernya aku ga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, tapi aku masukin aja deh. Kalau semua hal dinikmati dengan senang, segalanya jadi ga terasa berat. Ini contohnya! Membuat jalan di Gareumpay malah jadi balapan yang suatu hari mungkin aja jadi pesaing F1. Ya..siapa tau kan FIA mau merubah format F1 jadi seperti ini, setelah tahun 2014 ini mesin mobil F1 berganti dari V8 ke V6. Hha. Se-enggak-nya kalau diganti jadi gerobak, Sebastian Vettel ga akan ngeluh kalau mesinnya berisik kayak mobil bermesin V6. Dan gerobak ini lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan

DSC_0319

DSC_0318

 

Sebenernya, masih banyak kegiatan lainnya yang aku lakukan, tapi ga mungkin aku ceritain semua karena bisa bisa blog pribadiku berubah jadi blog desa -__-‘ dan ngomong ngomong soal blog desa, aku mau promo ahh, siapa tau ada yang mau ngabolang di Desa Gegempalan~~

cek blog desa Gegempalan, sebagai bukti kalau Gegemcuy pernah ada di sana walaupun cuma sebulan =))

http://kknm.unpad.ac.id/gegempalan/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s